Senin, 02 Juli 2012

Tips Merawat Marmer

Jika anda ingin menggunakan Marmer pada bangunan anda seperti untuk lantai, dinding, meja dapur atau meja wastafel, maka ada beberapa tips untuk merawatnya : 

1.    Untuk mengisi nat lantai marmer tunggulah 2 - 3 hari setelah pemasangan, agar kandungan air pada adukan benar benar kering sehingga tidak timbul bercak coklat kehitam hitaman pada area sekitar nat marmer nantinya, biasanya diistilahkan dengan marmer "ngompol".
 
2.    Gunakan selalu Coating sebagai pelindung marmer dari lumut, bercak atau noda yang tidak diinginkan, dimana biasanya coating ini bisa bertahan 3 sampai dengan 6 bulan tergantung kualitasnya.
 
3.    Segeralah mungkin membersihkan bekas tumpahan minuman berwarna seperti Kopi, Teh, Sirup, minuman Cola dan sejenisnya, dikarenakan jika dibiarkan akan membuat meja/ lantai marmer menjadi bercak hitam atau coklat sehingga akan menggurangi keindahan & kebersihannya.
 
4.    Biasakan menggunakan tatakan apabila kita menaruh minuman panas pada meja marmer, karena akan membuat bercak bercak putih berbentuk bulat gelas.
 
5.    Untuk membersihkan/ mengepel lantai gunakanlah pembersih khusus Marmer yang banyak dijual dan  jangan pernah menggunakan bahan pembersih yang mengandung asam seperti Prostek (Pembersih Keramik) atau sejenisnya, dikarenakan akan membuat Marmer/ Granit sekalipun menjadi bercak bercak putih, biasanya bercak ini berbentuk telapak kaki, ember, titik titik putih dalam bentuk percikan air dalam jumlah banyak disebabkan lupa mencuci kaki setelah membersihkan keramik dengan prostek ataupun membersihkan bekas prostek di atas meja wastafel marmer/ granit.
 
Jika terlanjur terdapat noda di marmer/ granit anda, maka ada beberapa cara yang biasa digunakan untuk menghilangkan noda bercak di marmer/ Granit :
 
•    Cara 1: Gosokkan jeruk nipis dan sedikit garam secara hati hati pada permukaan marmer yang terkena noda, anda dapat melihat noda yang menempel segera lenyap, setelah noda hilang cuci meja dengan air sabun biasa dan keringkan.
 
•    Cara 2: Buat pasta dari campuran soda kue dan air, gosokkan pada marmer yang ternoda lalu diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air hangat, jangan sekali kali membersihkan noda dengan pelitur karena akan merusak warna marmer asli.
 
•    Cara 3: Tutupi marmer yang terkena noda dengan kapas yang telah disiram cairan H202 atau Bayclin (pemutih pakaian) kemudian ditutup rapat dengan plastik, di cek setiap 2 jam namun jangan lebih dari 1 hari dikarenakan akan membuat marmer menjadi rapuh, Jika cara ini tidak berhasil maka marmer harus dipoles ulang, "Cairan H202 ini bisa dibeli di toko Kimia, hati hati jangan terkena tangan akan membuat gatal dan bercak putih"




  
Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

bagi pecinta Marmer, silahkan menanggapi post kami