Senin, 02 Juli 2012

Perbedaan Solid Surface, Granit dan Marmer


Solid surface, granit dan marmer adalah jenis – jenis material untuk table top yang merupakan salah satu bagian kitchen set yang penting. Material – material ini merupakan pilihan yang paling banyak digemari oleh para penikmat desain interior khususnya untuk diaplikasikan pada kitchen set yaitu table top yang berfungsi sebagai alas kerja saat melakukan kegiatan persiapan memasak.

Solid surface atau lebih sering disebut sebagai granit olahan terbuat dari acrilyc yang diproses sehingga menjadi keras. Kualitas solid surface sebagai material table top bisa dibilang paling bagus dibandingkan dengan granit dan marmer. Kebalikan dari granit, solid surface bobotnya ringan dan tidak berpori sehingga kehigienisan area kitchen set dapat terjaga karena cairan tidak dapat terserap ke dalamnya.
Selain itu material ini juga mudah ditekuk atau dibentuk sesuai dengan hasil yang diinginkan sehingga hasil tampilan akhir bentuk kitchen set menjadi mulus dan apabila ada sambungan dalam table top maka sambungan tak akan terlihat.
 
Granit berasal dari batu alam. Kekuatan granit sangat tinggi dibandingkan dengan solid surface dan marmer. Bahannya keras, tahan panas dan mudah dibersihkan. Namun demikian granit masih memiliki pori. Pori-pori pada granit sebagai alas table top kitchen set, dapat menjadi tempat tumbuh kembang kuman dan bakteri. Hal ini disebabkan kotoran dari sisa makanan yang meresap dan mengendap di dalam pori-pori granit tersebut. Akibatnya table top pada kitchen set pun dapat tercemar bakteri.



 
 

Bentuk granit yang kaku dan tidak bisa ditekuk atau dibengkokkan juga menjadi salah satu kelemahan lainnya karena jika disambung akan terlihat jelas garis sambungannya. Jenis granit sangat beragam, diantaranya granit california yellow, star white, crystal pink, black gold, polycrom, nero absolut dan masih banyak lagi lainnya.

Marmer, sama seperti granit asalnya dari batu alam. Namun kualitas marmer jauh di bawah dari solid surface dan granit . Selain memiliki pori yang bisa menyerap serpihan makanan masuk kedalamnya , jika terkena air dan lembab juga akan mudah berjamur dan mengurangi kehigienisan area ruangan kitchen set. Meskipun demikian, jika anda rajin dalam membersihkan dan merawatnya , material ini dapat dipertimbangkan karena harganya yang paling murah diantara lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagi pecinta Marmer, silahkan menanggapi post kami